Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

Sunday, September 22, 2013

Cara Mudah Mengajarkan Perkalian Sembilan


Sebagaimana yang kita ketahui perkalian sembilan termasuk perkalian yang sulit diingat oleh sebagian besar murid. Tapi tahukah anda kalau ternyata perkalian sembilan sangat mudah untuk diajarkan. Rahasia ini saya temukan saat beberapa waktu yang lalu membuka facebook. Di salah satu facebook page yang saya sukai memposting gambar perkalian sembilan dengan tulisan "What the teachers never taught us" sungguh mengejutkan dan jujur saya baru tahu sekarang (mungkin diantara anda ada yang sudah mengetahuinya). Ternyata perkalian sembilan pengulangan dari angka 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9 dan 9,8,7,6,5,4,3,2,1,0. Ini dia foto perkalian sembilan yang saya dapatkan dari facebook page The Idealist


Cara Mudah Perkalian 9

Pembelajaran Tematik di negara maju


Sudah beberapa tahun ini saya membandingkan dan mempelajari proses pembelajaran tematik di Indonesia dan negara-negara maju seperti Amerika, Australia dan negara-negara Eropa. Di Indonesia pembelajan tematik masih terbentur dengan jadwal pelajaran sehingga sangat sulit untuk dilaksanakan secara maksimal. Begitu pun dengan tenaga kependidikannya belum semua tahu bagaimana itu proses pembelajaran tematik. Pemahaman sebagian besar guru-guru di kelas tematik di Indonesia hanya sebatas menggabungkan beberapa KD yang saling terkait sementara dalam proses pembelajarannya masih terpaku pada buku pelajaran.

Di negara-negara maju seperti Amerika, Australia dan negara-negara Eropa bahkan Jepang sekalipun pembelajaran tematik sudah tertata dengan baik, baik dari segi kurikulumnya maupun aplikasi di lapangan. Di Amerika misalnya tema yang dibuat sangat spesifik seperti All About Me atau jika di Indonesia bisa disebut dengan Diri Sendiri. Apa yang dipelajari di sini? Segala sesuatu tentang diri murid seperti ciri-ciri tubuh murid dengan menggambar wajah dan tubuhnya sendiri, anggota tubuh dan panca indera, makanan kesukaan, kegiatan yang disukai, alamat rumah, aku 100 tahun yang akan datang dll. Di Jepang misalnya anak-anak belajar tentang transportasi umum setiap hari anak-anak belajar tentang bagaimana naik kereta api, bus dll. Mereka juga praktek menyebrang jalan, membeli karcis, perilaku saat berada di dalam kendaraan umum dll.

Hal penting lainnya di kelas tematik adalah display kelas. Di Indonesia display kelas masih belum menjadi perhatian utama sementara di negara-negara maju display kelas disesuaikan dengan tema yang sedang dipelajari.


Display kelas ciri-ciri apel


Proses pertumbuhan buah apel

Begitupun dengan lembar kerja latihan soal dibuat sesuai dengan tema. Jika mereka sedang belajar tentang apel, maka tema di sekeliling kelas adalah apel, lembar kerja yang dikerjakan oleh murid juga betemakan apel.

Lembar kerja ciri-ciri apel

Lembar kerja proses pertumbuhan apel

Berikut adalah beberapa blog guru di Amerika favorit saya yang mengajar di kelas tematik. Semoga bisa memberikan inspirasi untuk memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah kita masing-masing. Pembelajaran tematik ini sangat sesuai dengan kurikulum 2013 yang akan segera dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Fun In First


Deanna Jump


Ms Fultz




Sunday, September 15, 2013

Sharing

Setiap selesai berdo'a salah satu murid saya selalu ada yang sharing. Macam-macam cerita bisa kita dengarkan dari berfoto dengan bule sampai dikejar-kejar orang gila hehehe..... Sharing setiap pagi bagi murid yang bercerita dapat melatih kepercayaan diri untuk tampil.didepan umum/orang banyak. Sedangkan bagi murid-murid yang mendengarkan sharing dapat melatih keberanian mereka untuk berani bertanya. Bagi sebagian besar anak-anak sharing bukanlah suatu hal yang mudah karenanya pada awal-awal membiasakan sharing saya selalu memberi contoh terlebih dahulu lama-lama mereka akan terbiasa karena sudah terlatih. Apa saja yang bisa kita lakukan agar murid kita terampil bercerita? Pertama beri pujian kepada murid yang berani maju ke depan untuk berbagi cerita. Kedua ajarkan murid untuk mengawali cerita dengan memberi salam. Ketiga bimbing murid dengan kalimat "Sabtu kemarin aku...", "Sewaktu TK aku...." dll. Bantulah murid jika dia kesulitan untuk menyampaikan kata-kata. Keempat beri kesempatan kepada murid yang mendengarkan untuk bertanya. Saya biasanya akan meminta murid yang bercerita untuk memilih temannya yang paling rapi. Kelima, saat murid bertanya arahkan pertanyaan dengan menggunakan kata tanya. Hal ini dilakukan agar murid terbiasa menggunakan kata tanya dengan baik dan benar. Berikut adalah contoh display kata tanya yang bisa ditempelkan di whiteboard atau dinding kelas. Ada baiknya tempel di dekat white board agar murid bisa membacanya saat sharing dilakukan. Keenam. Menyimpulkan cerita. Dan mengarahkan murid untuk mengucapkan salam.

Sunday, September 8, 2013

Bendera biodataku

Di minggu pertama awal masuk sekolah, murid-murid saya mulai.belajar tentang diri sendiri. Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah membuat lembar kerja/ worksheet yang bisa dijadikan display kelas.

Kenapa worksheet harus dijadikan display kelas? Karena display kelas dapat menjadi pengingat/sumber belajar bagi murid mengenai materi yang telah dipelajari.

Display kelas terdiri dari dua jenis yaitu display permanen dan display tidak permanen.

Display permanen terdiri dari ;
1. Huruf
2. Angka
3. Nama-nama hari
4. Nama-nama bulan
5. Jadwal pelajaran
6. Jadwal ekskul
7. Daftar kelompok
8. Struktur organigram kelas dan
9. Jadwal piket dll

Display tidak permanen yaitu display yang dibuat dari lembar kerja murid. Karenanya sebagai guru kita harus kreatif dalam mendesain lembar kerja/worksheet supaya bisa dijadikan display sehingga kelas menjadi cantik dengan berbagai bentuk hiasan. Murid juga jadi lebih percaya diri karena hasil karya yang dia buat dipajang dan dilihat oleh orang lain. Berikut adalah salah satu contoh worksheet yang dijadikan display kelas.

Saturday, September 7, 2013

Brain Gym



Di sekolah tempat saya mengajar kami terbiasa melakukan brain gym/senam otak sebelum pembelajaran dimulai. Manfaat dari brain gym ini banyak sekali selain membuat tubuh sehat karena merupakan kegiatan olah raga ringan brain gym juga dapat membantu menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan otak kiri serta melatih konsentrasi murid agar siap untuk belajar. Bagi murid-murid brain gym merupakan aktivitas yang menyenangkan karena gerakan brain gym yang kadang sulit untuk dilakukan membuat mereka tertantang untuk mencoba dan mencoba lagi sehingga mereka bisa melakukannya belum lagi iringan musik riang saat melakukan brain gym membuat hati mereka merasa senang. Kalau hati sudah senang tentunya mereka juga akan senang untuk belajar \(^0^)/

Berikut adalah beberapa video gerakan brain gym yang bisa digunakan di dalam kelas. 






atau bimba AIUEO ini


Nah sebagai selingan saat pembelajaran atau pergantian pelajaran sambil menunggu guru selanjutnya yang akan mengajar datang kita juga bisa melakukan gerakan brain gym yang ini


Untuk musik pengiring lagu yang sering saya pakai adalah ini

S.H.E - Ming Karafang
 

kalau mau download mp3nya silakan klik Ming Karafang

Lenka - Trouble is a friend



Kalau mau download mp3nya silakan klik di sini

Semoga bermanfaat (^o^)

Entering the blogging world




Lama berkenalan dengan dunia blog namun baru kali ini mau memanfaatkannya sebagai sarana pendidikan. Berawal dari rasa kagum melihat blog guru-guru TK dan SD di negara-negara luar seperti Amerika dan Australia akhirnya sayapun tertarik untuk membuat blog tentang pendidikan. 

Bukan tanpa alasan saya memberi nama blog ini Thematic Ideas. Selain karena pengalaman delapan tahun mengajar yang tidak pernah naik kelas (selalu di kelas satu/dua) hehehe...  saya juga begitu menyukai pernak pernik dunia anak-anak di kelas tematik. Bagi saya kelas tematik adalah kelas yang menyenangkan, dunia bermain sambil belajar begitu terasa. Karenanya melalui blog ini saya ingin berbagi pengalaman mengajar saya sehari-hari, sehingga dengan begitu ada banyak hal yang kita lakukan di dalam kelas agar pembelajaran lebih menarik.

Saya tidaklah sehebat bloger-bloger kesukaan saya tapi dengan menularkan ide yang saya punya kepada orang lain itu sudah cukup.